image_pdfimage_print
Ketua PW NU Jawa Timur KH.Marzuqi Mustamar saat membuka acara temu relawan LPBI NU se Jawa Timur
Ketua PW NU Jawa Timur KH.Marzuqi Mustamar saat membuka acara temu relawan LPBI NU se Jawa Timur

Acara temu relawan Lembaga Penanggulangan dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) se- Jawa Timur 2020 yang bertema “Sosialisasi Kesiap Siagaan Menghadapi Bencana” yang digelar di Obis Camp Trawas Mojokerto, dari Jumat sampai hari Minggu, 27 – 29 November 2020.

Dalam acara ini, LPBI NU Jawa Timur bekerja sama dengan PW NU Jawa Timur PP LPBI NU, BNPB, dan BPBD Jawa Timur. Ketua PW NU Jawa Timur KH. Marzuqi Mustamar hadir secara langsung sekaligus membuka acara yang diikuti oleh relawan LPBI NU se- Jawa Timur.

Banyaknya kegiatan pada acara kali ini, salah satunya adalah seminar kerelawanan yang dimulai pukul 19.30 WIB. Sangat menarik diikuti oleh relawan karena pada kesempatan tersebut hadir sebagai pembicara Papang sapaan akrab narasumber dari BNPB, Gatot Soebroto BPBD Jatim, dan Ketua PP LPBI NU M. Ali Yusuf.

“Pemulihan dampak bencana masih lemah” ujar Gatot Soebroto BPBD Jatim.

Pasalnya, lanjut Gatot Subroto, 3 fase dalam bencana yaitu, pra bencana, saat bencana, dan pasca bencana (pemulihan, red), pada pemulihanlah yang paling lemah dalam fase kebencanaan.

Sementara dalam pemaparannya Papang dari BNPB menyampaikan, bahwa jangan sampai karena fisik dan ekonomi maupun sosial budaya membuat orang menjadi hilang aqidah.

“Pembangunan fisik, ekonomi, sosial, budaya, dan jangan sampai hilang aqidah” terang Papang panggilan akrab narasumber dari BNPB.

Adapun mengenai hal yang perlu diperhatikan dalam pasca bencana (pemulihan). Papang juga mengingatkan bahwa kita sebagai relawan kebencanaan harus berpegang teguh pada panca dharma relawan, yaitu mandiri, profesional, solidaritas, sinergi, dan akuntabel.

Sedangkan M.Ali Yusuf sebagai ketua PP LPBI NU banyak bercerita tentang kiprah LPBI NU dalam menjalankan tugas-tugas nya. Sosialisasi diakhiri dengan sesi tanya jawab yang diisi oleh 3 pertanyaan relawan LPBI NU, yakni relawan dari Tuban, Blitar, dan Nganjuk.

Temu Relawan LBPI NU se-Jawa Timur, Mengangkat Tema “Sosialisasi Kesiap Siagaan Menghadapi Bencana”

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>