LPBINU GresikLembaga Penanggulangan Bencana dan perubahan Iklim Nahdhatul Ulama (LPBI NU) Gresik merespon terkait merebaknya virus korona atau covid-19. Sebagai bentuk kesiap siagaan, LPBI NU Gresik siap dirikan posko bencana non alam.

Hal ini disampaikan Ketua LPBI NU Gresik Abdul Basith, ia mengatakan LPBI NU Gresik siap mendirikan posko bencana non alam, tinggal menunggu intruksi dari PWNU, dan selanjutnya LPBI NU siap jalankan perintah sesuai intruksi.

“Kita menunggu intruksi dan hasil rapat dari PWNU, sementara yang diminta pegang kendali dari LKNU, LPBI SER NU nunggu hasil rakor PWNU,” ujarnya.

Lanjut Basith, secara nasional penanganan virus yang sedang ramai di perbincangkan ini ada di bawah komando BNPB dan BPBD di Kabupaten atau Kota.

“karena virus korona ini masuk kategori bencana non alam,” tandasnya.

Ia juga menghimbau, untuk seluruh masyarakat khususnya warga nahdhiyyin agar tetap waspada dengan menjaga kebersihan dilingkungannya masing-masing.

“Jika merasakan gejala sakit segera memeriksakan ke pihak medis. Karena pemerintah Jawa Timur sudah memberikan instruksi pemberhentian sementara KBM secara langsung, agar dapat digunakan untuk belajar dirumah, dan jangan melakukan kegiatan yang mengarah pada berkumpulnya banyak orang seperti rekreasi, dan lain-lain, mari bersama-sama menjaga keluarga,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pasca terjangkitnya puluhan warga Indonesia oleh covid-19, NU telah sigap dengan terus menghimbau jamaah dengan berbagai tips.