foto cfdJakarta, LPBI NU
Menyambut Hari Lingkungan Hidup, Ahad (10/5), Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) melakukan kampanye perubahan perilaku dan pola konsumsi untuk selamatkan lingkungan.

“Dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup tahun ini, kami menjalankan komitmen lembaga kami dalam pelestarian lingkungan hidup melalui program kampanye perubahan perilaku dan pola konsumsi demi kelestarian lingkungan,” kata Ketua Pengurus Pusat LPBI NU Avianto Muhtadi.

Avianto juga mengatakan bahwa ini merupakan program tahunan dari LPBINU sebagai wujud keikutsertaan untuk menjaga kelestarian lingkungan. LPBINU sendiri telah menerapkan berbagai kebijakan untuk kantor yang hijau dan bersahabat dengan lingkungan.

Pengurus Pusat LPBINU menyerukan kepada seluruh LPBINU di daerah untuk melakukan kampanye ke pesantren dan masyarakat untuk terus menjaga lingkungan dengan berbagai cara sesuai kearifan lokal masing-masing.

“Di setiap daerah binaan, kami melakukan pelatihan dan penguatan kelembagaan, sehingga masyarakat dan pesantren di daerah siap siaga dalam menghadapi segala bencana dampak dari kerusakan lingkungan,” kata Avianto.

Sebagai lembaga di bawah Nahdlatul Ulama (NU), LPBINU memberikan perhatian khusus pada kelestarian lingkungan hidup. Hal ini tertuang melalui program-program jangka pendek dan jangka panjang sebagai wujud tata kelola berkelanjutan pada aspek lingkungan.

“Kelestarian lingkungan merupakan kepentingan bersama yang juga berdampak luas pada kehidupan masyarakat, sehingga LPBINU merasa perlu untuk ikut ambil bagian dalam pemeliharaannya,” tutup Avianto. (Ubed)