image_pdfimage_print

Hunian-minimalis-tahan-gempaBanyaknya tumbuhan bambu di sekitaran Lokok Menur, Sigar Penjalin, Tanjung Lombok Utara, membuat Tim Relawan NU Peduli Lombok dari LPBI Mojokerto berinisiatif memanfaatkan bambu-bambu tersebut sebagai bahan membuat hunian minimalis tahan gempa .

Hunian minimalis tahan gempa ini berukuran 4 x 6,5 meter, berbahan terpal, di desain besekat yang difungsikan sebagai kamar tidur, ruang tamu, dapur dan kamar mandi.

Nurudin, Ketua Welirang Community Mojokerto yang menjadi desainer dadakan hunian minimalis ini mengatakan, yang paling bagus digunakan untuk membuat hunian semi doom ini adalah jenis terpal tebal, minimal jenis A8 karena akan berfungsi sebagai atap sekaligus dinding.

Selain terpal, masyarakat bisa juga menggantinya dengan bahan-bahan yang tersedia disekitar seperti daun kelapa atau bambu yang dianyam.

“Malah kami merekomendasikan, kalo mau lebih tahan lama, bisa pake bahan-bahan seperti itu, karena saya liat banyak terdapat di kebun-kebun masyarakat” Terangnya.

Sementara itu, ketua tim relawan NU Mojokerto, Cak Anam mengatakan sangat senang dengan ide hunian minimalis ini. Hunian seperti ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat, karena selain mudah dibuat juga bahan-bahanya tak perlu dicari jauh-jauh, sudah sangat banyak di lokasi.

“Untuk hunian seperti ini, warga juga bisa memanfaatkan bekas puing-puing reruntuhan rumahnya, ada asbes, kayu, besi dan lain-lain” ungkapnya.

Cak Anam menambahkan, Masyarakat sebenarnya sangat faham ini, tetapi mereka saat ini dalam kondisi susah dan banyak fikiran. Maka para relawan tugasnya mengajak mereka untuk semangat bangkit, memberikan ide sehingga masyarakat bergerak membuat sendiri.

“Mereka rata-rata masih belum move on dari gempa, apalagi gempa-gempa kecil masih terjadi, ini tugas relawan membangunkan semangat mereka untuk bangkit” Pungkas Cak Anam

Relawan NU Mojokerto Inisiasi Hunian Minimalis Tahan Gempa

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>