image_pdfimage_print

LPBI PIC-2Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lobar, melalui Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI NU) dan Lazisnu menyambangi warga terdampak longsor, Minggu (06/12).

Bersama warga rombongan pengurus PCNU, langsung terjun meninjau titik lokasi  terjadinya longsor di dusun Taliwang desa Dasan Tereng Kecamatan Narmada.

Di setiap kejadian/musibah yang menimpa sesama, tentu sekali, saling menyemangati adalah suatau keharusan. Itu pula yang dilakukan warga nahdliyyin saat bertemu warga yang menceritakan seperti apa musibah yang sedang mereka hadapi.

Usai diskusi dan berbagai cerita prihal kejadian longsor, dipimpin salah seorang yang ikut dalam rombongan, digelar doa bersama. Selepas itu, melalui dua lembaga LPBI dan Lazisnu, warga terdampak longsor diberikan bantuan berupa paket sembako.

 Terdapat sekitar 17 rumah warga yang menjadi korban longsor. Tiga rumah rusak berat dan 14 rusak ringan.  Empat rumah lainnya, akibat puing-puing material yang berjatuhan, membuat rumah warga tak bisa dimasuki penghuninya.

 Sekretaris PCNU, Ali Maksum mengungkapkan harapannya, agar ujian (musibah) ini cepat selesai. Ali mengatakan, “Mari kita berdoa kepada Allah, semoga musibah cepat berlalu, dan kondisi, terutama warga terdampak segera pulih”.

InsyaAllah bencana ini ada hikmahnya. Ke depan warga berpikir ketika akan membangun rumah, sebaiknya menggunakan standar PUPR, karena standar itu sudah aman dari bencana,“tambahnya.

Secara geografis, lokasi memang berpotensi ditimpa kejadian longsor. Karenanya, warga setempat harus awas dan hati-hati. Pemerintah dan lembaga terkait juga perlu memberikan perhatian baik dalam edukasi mitigasi bencana dan sebagainya.

Hal ini direspon baik oleh sejumlah pengurus PCNU terutama LPBI yang memang concern di bidang kebencanaan.  “Insya Allah ke depan kita adakan pendidikan mitigasi bencana sebagai tanggap darurat bencana,” ujar Ketua LPBI, Saparudin.

PCNU Lobar Sambangi Korban Longsor

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>