image_pdfimage_print

diklat bantul
Bantul, LPBI NU
Menyambut bulan suci Romadhon 1436 H, Lebaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim NU Kabupaten Bantul pada hari Sabtu, 13 Juni menyelenggarakan Pelatihan Dasar Relawan Siaga bencana. Hal ini dimaksudkan untuk membekali calon relawan NU guna mendapatkan rasa kesiapsiagaan terhadap datangnya bencana. Selain hal itu, kegiatan ini diselenggarakan guna menyambut datanganya musim mudik yang seperti pada tahun sebelumnya senantiasa membuka posko mudik lebaran sebagai sarana untuk istirahat para pemudik.

Tak kurang dari 40 Perserta diklat yang hadir dalam kesempatan tersebut yang terdiri dari Perwakian Banom, Musimat NU, Fatayat NU, Ansor, IPNU dan IPPNU. Hadir juga perwakilan dari MWC NU Se Bantul. Tentunya hal ini menjadi sebuah awalan yang baik untuk terus mengembangak kesiagaan terhadap bencana.

Disampaikan oleh ketua Pelaksana kegiata Drs. Muklas Abdullah, M.S.I, bahwa kegiatan diklat kesiap siagaan bencana ini baru pertama kali dilaksanakan oleh LPBI NU di Bantul, bahkan baru PC LPBI NU Bantul yang melaksanakan dari seluruh PC yang ada di DIY. Hal ini dikarenakan LPBI NU merupakan salah satu lembaga yang tegolong baru terbentuk, namun meski belum lama LPBI NU sangat diharapkan untuk dapat terus berkembang sesui dengan bidang kerjanya.

Disampaikan juga oleh ketua pelaksana bahwa kegiatan pelatihan ini tidak hanya akan berhenti sampai disini saja, namun akan terus ditindak lanjuti dengan pelatihan pelatihan lanjutan lagi oleh pengurus. Hal ini dilakukan tidak lain untuk menciptakan kondisi tanggap bagi relawan siaga bencana NU, sehingga ketika suatu saat terjadi kejadian bencana alam para relawan telah memiliki ilmu dan kecakapan dibidang kesiap siagaan terhadap bencana.

Kabupaten Bantul yang notabene juga berada dikawasan rawan bencana, maka hal ini sangat diperlukan adanya relawan yang tangguh dan siap terjun kapan saja ketika terjadi bencana walaupun tidak mengharapkan terjadinya bencana, namun kesiapan menghadapi datangnya bencana akan menjadi hal yang sangat baik untuk meminimalisir korban dari datangnya bencana tersebut. Tutut M. Qodri selaku wakil ketua PC NU Bantul yang berkenan membuka acara pada pembukaan pelatihan tersebut.(Heru)

PC LPBI NU Kabupaten Bantul Menyelenggarakan Diklat Dasar Relawan Siaga Bencana

One thought on “PC LPBI NU Kabupaten Bantul Menyelenggarakan Diklat Dasar Relawan Siaga Bencana

  • Maret 22, 2016 at 7:14 am
    Permalink

    Sudah seharunya setiap organisasi dan lembaga mempunyai tim relawan yang siap untuk terjun membantu saat terjadi bencana
    Jazakumullah LPBI NU

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>