image_pdfimage_print
Jpeg
Jpeg

Kepala Bidang Observasi Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengaku isu kekeringan di NTT menjadi sangat sensitif dan perlu ada perhatian serius dari berbagai pihak.

“Memang, kekeringan di NTT menjadi pusat perhatian bagi semua pihak sebab, banyak daerah di NTT setiap tahun mengalami kondisi yang sama,” kata Kabid Observasi BLHD NTT, Jan Eoh, dalam seminar sehari Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU NTT dengan NGO pemerhati lingkungan Jerman FNF, di Aula LPM Universitas Nusa Cendana Kupang, Kamis (28/04/2016).

Berbagai persoalan yang terjadi sejauh ini, kata Eoh akibat terjadinya perubahan iklim yang berdampak pada kekeringan sehingga masyarakat mengalami gagal panen. Di samping, beberapa daerah di NTT juga masih kekurangan air bersih. “Pemanasan global yang merupakan perubahan iklim yang sangat serius dan perlu diperhatikan,” katanya.

Ketua program FNF NGO Jerman Prof Moh. Huni Tamrin, dalam paparan materinya menyebutkan, NTT menjadi pusat perhatian NGO luar terkait berbagai dampak iklim yang terus terjadi di setiap kabupaten kota di NTT.

“Kami masih terus jaring berbagai sumber informasi terkait dampak iklim yang terjadi di daerah ini,” kata Husni.

Menurut Husni, FNF terus menggalang berbagai sumber informasi yang terjadi di seluruh pelosok Indonesia. Seperti persoalan kekeringan dan kerusakan alam yang berdampak pada keberlangsungan kehidupan masyarakat.

Ketua LPBI NU, Ajhar Jowe minta ke berbagai pihak agar berbagai persoalan bisa segera teratasi. “Demi masa depan keberlangsungan kehidupan masayarakat, saya berharap berbagai pihak terus melakukan koordinasi dan komunikasi agar persoalan yang terjadi di daerah ini bisa terjawab,” katanya.

sumber: www.duta-news.com

NTT Hadapi Masalah Serius Akibat Pemanasan Global

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>