image_pdfimage_print

LPBINU-Rohingya

Kondisi para pengungsi Rohingya di penampungan pengungsi Cox Bazzar, Bangladesh sekarang ini  sangat memprihatinkan, apalagi musim hujan sedang berlangsung, cuaca dingin dan lembab membuat kondisi fisik para pengungsi makin rentan.

Ditambah lagi minimnya logistik  membuat kondisi pengungsi, terutama anak dan orang tua semakin melemah. Belum lagi ribuan pengungsi yang baru tiba ke tempat penampungan setelah mereka berjalan ratusan kilo meter dari Rhakine  State, Myanmar.

Demikian dilaporkan Muhammad Wahib relawan LPBI NU yang tergabung dalam Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myamar (AKIM).

Wahib menjelaskan bahwa laporan sementara dari hasil assesment sepekan terakhir dari lokasi pengungsian di Cox Bazzar, ada beberapa kebutuhan yang mendesak untuk saat ini.

“Pertama, kebutuhan yang sangat mendesak adalah layanan kesehatan termasuk fasilitas kesehatannya,   karena logistik yang kurang membuat kondisi pengungsi, terutama anak dan  lanjut usia semakin melemah. Ditambah ribuan pengungsi yang  terus berdatangan,” jelas Wahib, Jumat (29/9/2017) pagi.

Kedua,  kata Wahib adalah  kebutuhan tenda yang layak sebagai tempat (sementara) tinggal  yang didukung sanitasi yang baik. Sementara kondisi sekarang ini sangat memprihatinkan ditambah musim hujan sedang berlangsung.

Ketiga, sarana pendidikan untuk anak pengungsi. Banyak anak-anak pengungsi yang terpaksa meninggalkan sekolah.

“Seyogyanya, meskipun di pengungsian, namun kegiatan belajar anak dan tempat bermain tidak diabaikan selain sebagai sarana bagi mereka dalam  mengurangi traumatik sebagai anak pengungsi,” pungkas Ketua LPBI NU DKI Jakarta itu.

Bagi para kaum muslimin atau siapapun para dermawan dan donatur yang ingin membantu menanggulangi penderitaan  nasib sesame, khususnya pengungsi Rohingya bisa menyampaikanya melalui AKIM atau pun LPBI NU di Gedung PBNU, Jakarta.

Mari bantu mereka, sekecil apapun bantuan akan sangat besar bagi mereka. Melalui Rekening 7108 8816 44 Bank Syariah Mandiri An. Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU)-PBNU, dengan kode trasfer 451. Mohon konfirmasi setelah transfer ke 081 1945 1926.

Minim Logistik dan Cuaca Dingin, Kondisi Pengungsi Rohingya di Cox Bazzar Memprihatinkan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>