image_pdfimage_print

sampang

Duka yang menimpa umat muslim Rohingya akibat Tragedi kemanusiaan yang terjadi di Myanmar, mengetuk hati para siswa SMP Negeri 1 Sampang, Madura.

Uang sebesar Rp.5.000.000 yang berhasil mereka kumpulkan disumbangkan. Donasi itu disalurkan melalui Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) setempat, Rabu (18/17).

Bagian Kesiswaan SMPN 1 Sampang Muhammad Wahyudi didampingi oleh Pembina OSIS Ariyanto. Serta tiga siswa, yakni Ketua Osis, Danar Ikram Tirta Kusuma, Kordinator bidang budi pekerti luhur dan ahlaq, Dwi Maulidya Agustin dan Kordinator bidang ketuhanan dan keimanan, Alief Nur Imami mendatangi kantor Sekertariat LPBINU yang berada di area Kantor PCNU Sampang, Jalan Diponegoro, Sampang.

“Ini bukti peduli kami terhadap Muslim Rohingya, ini murni kegiatan dari siswa yang dilaksanakan oleh Osis. Sengaja kami membawa para siswa agar mereka bisa langsung menyerahkan sendiri. Intinya, dari kegiatan ini para siswa menjadi tau, kalau dari milik mereka ada hak orang lain,” ujar Wahyudi.

Dijelaskan olehnya, kegiataan siswa peduli Rohingya sudah lama direncanakan, dan baru hari ini terealisasi. Sumbangan tersebut murni berasal para siswa yang juga diketahui oleh para wali murid, termasuk sumbangan yang dikumpulkan dari program kegiaatan siswa, Jum’at amal.

Sementara itu, Ketua Osis SMPN 1 Sampang, Danar Ikram Tirta Kusuma mengatakan, kegiataan peduli Rohingya mendapat respon positif dari siswa lainnya. Terbukti, banyak siswa yang ikut terlibat menyisihkan uang jajannya bagi saudara Muslim Rohingya.

“Responnya positif, dari kejadian itu (krisis kemanusiaan Rohingya) teman-teman siswa menjadi tahu kalau di luar sana banyak membutuhkan kepeduliam kita,” ujar siswa kelas IX ini.

Ketua LPBINU Sampang Mohammad Hasan Jailani pun menanggapi kepedulian para siswa dengan ucapan terima kasih. Ia akan segera menyampaikan amanah tersebut ke LPBI PBNU.

“Terima kasih banyak, adik-adik. Sampaikan salam kami kepada keluarga besar SMPN 1 Sampang, para guru dan juga orang tua. Segera donasi ini akan kami kirim ke LPBI PBNU, Jakarta. Sampai hari ini tim relawan LPBI PBNU masih berada di Myanmar, donasi ini akan membantu meringankan penderitaan saudara kita umat Muslim Rohingya,” tutur pria yang akrab dipanggil Mamak.

Sebelumnya, lanjut Mamak, LPBINU Sampang telah mengirimkan donasi sebesar Rp. 4.775.000. dari para Pengurus NU dan ulama serta warga nahdliyin. Dan selanjutnya donasi sebesar Rp. 8.050.000 dari para santri putri Pesantren Al-Ihsan dan Muslimat NU Desa Jrangoan. Dirinya pun masih membuka membuka pintu posko peduli Rohingya, apabila ada masyarakat yang ingin berbagi dengan Muslim Rohingya, melalui LPBINU.

Melalui LPBINU, Siswa SMP Negeri 1 Sampang Donasi 5 Juta untuk Rohingya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>