image_pdfimage_print

Droping-Air-bersih (1)Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU Kabupaten Malang), melakukan droping air bersih di dua wilayah yang masih dilanda kekeringan, Selasa (3/12/2019).

Dua wilayah yang menjadi sasaran droping air bersih tersebut yakni Dusun Banduarjo, Desa Sumberpetung, Kalipare dan Dusun Mergosingo, Desa Jatirejoyoso, Kepanjen.

“Total sebanyak 9200 liter air bersih yang kami distribusikan pada hari ini, dan terdapat 187 kepala keluarga penerima manfaatnya,” ujar Ketua LPBI NU Kabupaten Malang, Rurid Rudianto kepada TIMES Indonesia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, meski hujan sudah turun di beberapa wilayah, bukan berarti bencana kekeringan sudah tidak terjadi lagi. Apalagi hujan yang turun belum merata ke seluruh wilayah.

“Terutama di Sumberpetung, mata air masih belum pulih,” terangnya. Dia menyebutkan, distribusi air bersih rata-rata dilakukan dalam dua hari sekali.

“Kapasitas yang kami miliki relawan, dana dan armada baru mengcover sebatas Sumberpetung dan Kepanjen,” ucapnya. Kendati demikian, kaya dia, ada beberapa desa yang juga sudah menjadi sasarannya untuk dikirim bantuan air bersih.

“Namun, sifatnya insidentil. Seperti di Sumawe, Gedangan dan Pagak. Sedangkan fokus kami saat ini adalah Sumberpetung yang akan terus kami Droping, hingga mata airnya kembali pulih seperti sedia kala,” bebernya.

Masih kata Rurid Rudianto, pihaknya tidak sendiri dalam melakukan droping air bersih. Melainkan melibatkan berbagai pihak, utamanya organisasi Banom NU lainnya.

“Saat droping air bersih di daerah dilanda kekeringan tadi, kami bekerjasama dengan Ansor, Fatayat, Muslimat dan Milkindo,” kata Kata Ketua LPBI NU Kabupaten Malang, Rurid Rudianto.

Sumber: https://timesindonesia.co.id

Masih Dilanda Kekeringan, LPBI NU Kabupaten Malang Droping Air di Dua Wilayah

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>