image_pdfimage_print

lpbinu_jepari

LPBI PCNU Jepara mengadakan Workshop Pengurangan Risiko Bencana (PRB) di Pringgitan Pendopo Jepara, Kamis (21/7).  Kegiatan yang berlangsung sehari itu hasil kerjasama LPBI PCNU dengan PP LPBI NU.

Dalam sambutannya, M. Ali Yusuf selaku ketua Ketua Pimpinan Pusat Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) menyatakan bahwa Penanggulangan bencana tidak hanya menjadi urusan satu kelompok saja, tetapi badan usaha sekalipun kudu bertanggung jawab ketika bencana terjadi.

Karena itulah, dibutuhkan silaturrahim antar lembaga kebencanaan. Usai workshop kegiatan ditindaklanjuti selama 2 tahun, hingga Mei 2017 mendatang. “Sehingga akan banyak kegiatan tentang kebencanaan yang dilakukan di Jepara,” ungkap Ali Yusuf.

Wakil Ketua PCNU Jepara, Adib Khoiruz Zaman juga mengungkapkan hal yang senada. “Workshop merupakan kegiatan yang langka. Sebab biasanya soal kebencanaan maka yang hadir adalah relawan,”  ungkap Adib Khoiruz Zaman.

“Dalam momen ini, kami mengajak stake holder untuk sama-sama berbicara kebencanaan. Bencana adalah tanggung jawab bersama. Semua stake holder yang ada harus dilibatkan,” tambah lelaki yang kerap disapa Gus Adib ini.

Ia menambahkan, selain stakeholder masyarat juga perlu diikutsertakan dalam antisipasi dan penanggulangan bencana. Lewat workshop bisa menggugah banyak pemikiran dan yang belum terpikirkan soal kebencanaan.

“Selama ini ada euforia jika ada bencana maka semuanya turun. Tapi antisipasi dan rehabilitasi jarang terpikirkan,” tandasnya.

LPBI PCNU Jepara Mengadakan Workshop Pengurangan Risiko Bencana

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>