LPBINU TasikLembaga Penanggulan Bencana Dan Perubahan Iklim (LPBI) NU Kabupaten Tasikmalaya sejak kemarin Selasa, 6 November 2018, telah berada dilokasi Bencana Banjir Bandang Cipatujah.

Kemudian melakukan aksi tanggap bencana dengan mendirikan posko LPBI yang berfungsi sebagai pusat informasi dan bantuan.

Menurut Muchlis, posko didirikan ditengah lokasi yang dekat ke Jalan raya dengan jumlah personil 10 orang bertugas mengkoordinir ranting-ranting NU Cipatujah memberikan informasi korban dan medan lapangan.

Ranting-ranting NU di Cipatujah itu, ujarnya, menyisir lokasi bencana dan memberitahukan ke posko LPBI. Kemudian direkap oleh petugas di posko untuk menjadi bahan informasi ke PCNU Kabupaten Tasikmalaya.

“Jadi nanti warga NU yang akan memberikan bantuan bisa ke posko LPBI. Disini informasi bantuan yang dibutuhkan ada, termasuk dikawal penyaluran langsung kelokasi pengungsi,” ucapnya.

Muchlis pun menyampaikan atas perintah Ketua LPBI NU Kabupaten Tasikmalaya, Demi Hamzah agar merekrut ranting-ranting NU karena mereka yang paling paham lokasi dan situasi lapangan.

Sumber: https://mediadesa.id