LPBINU_KemneluPresiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang baru. Letjen TNI Doni Monardo yang berlangsung sejak pukul 09.05 WIB di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Dengan mengenakan setelan jas warna hitam dan peci warna hitam, Doni dilantik dengan Surat Keputusan Presiden No 5/P Tahun 2019 tentang Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi dalam pengambilan sumpah jabatan.

Sejumlah pejabat juga telah hadir di Istana Negara. Di antaranya Menteri Luar Neger Retno Marsudi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, dan Menpan RB Syafruddin.

Ketua Aliansi Kemanusiaan Untuk Myanmar (AKIM) M Ali Yusuf,  yang juga selaku ketua LPBI NU menyampaikan selamat atas dilantiknya kepala BNPB yang baru.

“Selamat & Sukses atas dilantiknya Letjen TNI Doni Monardo sebagai Ketua BNPB, semoga membawa perubahan yang lebih baik”

“Banyak tugas yang harus diselesaikan Kepala BNPB yang baru nanti seperti relokasi dan penanganan pengungsi erupsi Gunung Sinabung, rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa di NTB dan Sulawesi Tengah, penanganan darurat dan pascabencana tsunami Selat Sunda,” tutur dia.

Selain itu, tugas Kepala BNPB bukan hanya pada masa tanggap darurat dan pemulihan saja, melainkan juga untuk jangka panjang. Pengarusutamaan PRB di Indonesia menjadi agenda utama dan terpenting. Demikian juga  peningkatan mitigasi dan kesiapsiagaan bencana khususnya di dunia pendidikan.