image_pdfimage_print
lpbinu KebumentKetua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU bersama Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kebumen, melakukan pemantauan dan kordinasi penanggulangan Covid-19 di Pondok Pesantren (Ponpes) al-Istiqomah Tanjungsari Petanahan pada hari Selasa, 22 September 2020.
Acara tersebut juga dihadiri oleh Dewan Pengasuh Ponpes al-istiqomah, KH. Ali Mu’in Amnur, Lc., MA dan Dr. Ali Muhdi, MA dan juga Sekcam Petanahan, serta Puskesmas Petanahan. Dari hasil koordinasi tersebut diketahui bahwa santri kondisinya baik dan masih tetap menjalani isolasi mandiri di ruang terpisah yang sudah disiapkan pesantren.
Penekanan pada satgas atau tim jogosantri untuk memperketat penerapan protokol kesehatan, BPPD mensuplay bahan baku untuk makan santri dan suplay cairan desinfectant untuk penyemprotan
lingkungan pesantren yang teknis pelaksanaannya dilakukan mandiri secara berkala.
Pemantauan dan koordinasi dilanjutkan ke Ponpes Nurul Hidayah Bandung Kebumen. Hadir dalam koordinasi tersebut Ketua LPBI NU PCNU Kebumen, Kalak BPBD Kebumen, BAGANA Kebumen, Puskesmas Kebumen 1, Sekcam Kec Kebumen, Pemerintah Desa Bandung, Ranting NU Bandung, Kepala dan Pengurus Ponpes Nurul Hidayah.
Dari hasil koordinasi disepakati berdasarkan kajian epidemologi tim kesehatan bahwa area Ponpes akan dilakukan pembatasan secara lokal (lockdown) secara total bagi santri dan keluarga pesantren tidak diperkenankan keluar dari lingkungan pesantren dan masyarakat sementara tidak diperkenankan ke area pesantren sampai masa isolasi mandiri selesai.
Pihak pemerintah desa dan Ranting NU siap bekerjasama untuk menjaga dan melindungi santri dan warga pesantren. Untuk keperluan isolasi mandiri kebutuhan makan 1 hari 3 kali akan disuplay nasi bungkus 450 bungkus sekali makan selama masa karantina. akan disuplay oleh Dapur Umum PMI Kabupaten Kebumen.
Koordinasi penyelenggaraan Dapur umum dilakukan di kantor PMI Kabupaten Kebumen. Hadir di rapat : Kalak BPBD Kebumen, Ketua Wakil Ketua, Sekretatis dan Kepala Markas PMI Kabupaten Kebumen, Donatur, Ketua LPBI NU Kebumen, Ketua BAGANA Kebumen.
Hasil koordinasi disepakati pemenuhan konsumsi untuk santri di masa isolasi mandiri di Ponpes al-Istiqomah Tanjungsari Petanahan suplay bahan baku dan di Ponpes Nurul Hidayah Bandung
Kebumen di suplay makan bungkus. Sumber bantuan dari BPBD Kab Kebumen, PMI Kab Kebumen, Donatur (PT. nagasemut dan Muncul Bursa Motor).
LPBI NU dan Satgas Kebumen lakukan Pemantauan dan Kordinasi di beberapa Pesantren

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>