image_pdfimage_print

lpbi-nu-workshop-logistik

Sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas dalam manajemen logistic dalam penanggulangan bencana, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) bekerjasama dengan Kuehne Foundation mengadakan pelatihan “Humanitarian Logistics Management” di gedung PBNU, Jakarta, Rabu (10/8).

Kegiatan tersebut akan berlangsung hingga dua hari ke depan yang diikuti 35 peserta. Di antara mereka berasal dari LPBI NU DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Rencananya, kegiatan yang sama akan dilakukan di Semarang dengan melibatkan LPBI NU di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Menurut  Wakil Sekretaris LPBI NU Yulistianto, pelatihan tersebut seabgai upaya meningkatkan kapasitas pengurus LPBI NU terkait manajemen tanggap darurat dalam urusan logistik. Sebab hal itu merupakan salah satu faktor yang menentukan.

“Yang terpenting adalah bagiamana pasokan logistik sampai kepada warga terdampak bencana. Yang menjadi problem adalah ketika logistik terganggu, sehingg akan bisa menimbulkan bencana susulan, yaitu warga terdampak pasca bencana. Itu diakibatkan karena logistik terlambat atau tidak sampai. Dan semua itu disebabkan gagalnya manajemen,” jelasnya.

Karena itulah, lanjutnya, manajemen logistik untuk meningkatkan kapasitas pengurus LPBI NU sangat diperlukan sehingga bisa membangun sebuah sistem mekanisme yang bisa menjalankan pendistribusian secara cepat dalam kondisi apa pun. Dengan adanya manajemen dan perencanaan, kalau ada kendala bisa ditanggulangi dengan cepat dan tepat.

Pada hari pertama pelatihan Humanatarian Logistics Managemen diisi oleh Temy Tanusubarata dari KUEHNE FOUNDATION dan Prof. Prof. Senator Nur Bahagia dari Center of Logistics and Supplay Chain Studies (CLoCs) ITB.

Di hari kedua, salah satu agenda kegiatannya, peserta akan berkunjung ke gudang Bulog di Kelapa Gading. Sementara hari ketiga, melakukan penelitian dengan studi kasus manajemen tanggap bencana banjir Jakarta.

LPBI NU dan KUEHNE FOUNDATION Mengadakan Workshop  “Humanitarian Logistics Management”

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>