image_pdfimage_print

LPBINU-PatiBekerjasama dengan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) sejak 15 September 2019 sampai dengan 2 November 2019 LAZISNU telah mengirimkan sebanyak 100 tangki air bersih ke wilayah-wilayah yang nengalami kekeringan Pati Selatan. Tangki ke-98 dan ke-100 dikirim ke Dukuh Ngerang dan Desa Keben Kecamatan Tambakromo.

Selama masa tersebut setiap hari dari 1 sampai 10 tangki telah dikirimkan ke masyarakat yang terlanda kekeringan di kecamatan Tambakromo, Kayen, Sukolilo, Winong Pucakwangi, Jaken, Jakenan dan Juwana.

Bantuan air bersih tersebut didanai dari donasi masyarakat melalui Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Pati yang mencapai sebesar Rp. 21.000.000. Selain Lazisnu dan LPBI NU, lembaga-lembaga dan Banom NU seperti Muslimat, Fatayat, Ansor, IPNU/IPPNU dan bahkan Pengurus MWC dan Pengurus Ranting di Pati juga tercatat aktif menggalang donasi air bersih dan menyalurkannya langsung kepada masyarakat.

Menurut Muhammad Niam, Ketua Lazisnu Pati diperkirakan tidak kurang dari 300 tangki air bersih berhasil dihimpun dan disalurkan oleh masyarakat nahdliyyin. Gairah peduli bencana di kalangan nahdliyin alhamdulillah masih sangat tinggi terbukti dengan banyaknya donasi yang masuk ditujukan untuk membantu bencana kekeringan, tambah Niam.

Menurut ketua LPBINU, Imam Rifai, bencana kekeringan tahun ini lebih parah dari tahun-tahun sebelumnya. Hampir seluruh wilayah Pati Selatan mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih. Bahkan di beberapa wilayah Pati Tengah yang biasanya tidak pernah mengalami kesulitan air bersih tahun ini juga kesulitan air. Kemarau tahun ini relatif panjang dan suhu udara juga relatif lebih panas dari sebelumnya, imbuh Imam Rifai. Permintaan air bersih dari masyarakat terus mengalir, bahkan LPBI NU sendiri sampai kualahan memenuhi banyaknya permintaan air bersih dari masyarakat, keluh Imam Rif’ai.

Lazisnu-LPBINU Pati, Kirim 100 Tangki Air Bersih kepada Korban Kekeringan Pati

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>