Ketua LPBINUKetua LPBI NU Kab. Bogor Khaerudin Al Abu Chaer, sering dipanggil akrab Gus Chaer mengajak warga NU Kab. Bogor untuk peduli kebencanaan.

Gus Chaer bersama Ketua PCNU Kab. Bogor KH Romdon, MH dalam kajian Kitab Ihya Ulumuddin, yang merupakan kajian rutin bulanan di Minggu ke-3 Jum’at, 23 Agustus 2019 pukul 18.15 – 22.15 di Gd. PCNU Jl. Bina Citra No. 5 Cipayung Kel. Tengah Kec. Cibinong Kab. Bogor. Dalam kajian Kitab Ihya Ulumuddin Karangan Imam Al Ghozali sangat relevan dengan bidang Kebencanaan.

Bencana ini terjadi karena ketidak seimbangan antara perilaku manusia dengan alam. Contoh terjadinya longsor akibat penebangan pohon secara semena-mena tanpa memperhatikan lingkungan alam sekitarnya. Turut hadir sebagai pembicara dari BPBD Kab. Bogor, Bapak Dede Armansyah, ST. / Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan.

Pak Kabid lulusan ITB dan juga asal Jawa Timur tersebut sangat kental dengan kultur NU sangat apreasiasi dengan LPBI NU Kab. Bogor. Insya Allah kedepannya bisa bersinergi dengan BPBD Kab. Bogor , baik dalam bentuk pelatihan dan program akselerasi dalam bentuk Destana (Desa Tanggap Bencana).

Pak Kabid menjelaskan pengertian kebencanaan, apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana, daerah kab. Bogor yang rawan bencana. Diakhir ada acara sesi tanya jawab, Pak Kabid dengan piawai menjawab pertanyaan dari jama’ah sampai tak terasa sudah larut malam. Turut hadir juga sekaligus do’a penutup Ketua MUI Kec. Cibinong, KH Endang Matin.

Kesimpulan dari kajian kebencanaan, Ketua LPBI NU Kab. Bogor, Gus Chaer mengajak warga NU untuk peduli kebencanaan dengan cara ; menjaga kebersihan dilingkungan masing-masing terutama sampah, penanaman pohon dan lainnya