image_pdfimage_print

LPBINU DKIKetua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) DKI Jakarta, M. Wahib Emha menerima secara simbolis kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan oleh tim kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Pluit, Bapak Sugiyanto di kantor PWNU Jakarta, Rabu (29/1) sebagai tindak lanjut pertemuan kedua pihak sebelumnya.

Kedua pihak membahas sistem jaminan asuransi terkait risiko kerja yang rentan dihadapi oleh kurang lebih 200 relawan bencana LPBI NU di wilayah DKI Jakarta.

“Karena banyaknya bahaya dan risiko yang rentan dihadapi relawan penanggulangan bencana, LPBI NU DKI Jakarta menggandeng BPJS Ketenagakerjaan untuk memberi jaminan sosial dengan mengikutsertakan para relawan LPBI NU pada BPJS Ketenagakerjaan,” kata Ketua LPBI NU DKI Jakarta M Wahib Emha.

Sebagai inisiasi awal, LPBI NU memfasilitasi jaminan untuk periode satu tahun, dengan sistem pembiayaan per semester. Menurut Wahib, ini merupakan bentuk apresiasi dan jaminan sosial kepada para relawan yang telah berdedikasi kepada masyarakat, khususnya di wilayah DKI Jakarta. Tentunya kami sadar banyak risiko yang dihadapi relawan kami saat bertugas di lapangan. Jika sesuatu terjadi, itu merupakan bagian dari tanggung jawab kami.

Menurut Sugiyanto, tim kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Pluit, Jaminan ini meng cover risiko kecelakaan & meninggal dunia yang dialami relawan LPBI NU saat melakukan upaya penanggulangan bencana dan seluruh aktivitas bersama LPBI NU, baik di Jakarta maupun di luar Jakarta. Untuk claim sendiri, hanya dengan menunjukkakn kartu BPJS Ketenagakerjaan, peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat menerima tindakan di seluruh rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, baik berupa pelayanan langsung maupun dengan sistem reimburse .

“Harapan kami, LPBI NU DKI Jakarta secara bertahap mendaftarkan para relawannya. Saat ini, jumlah relawan terdaftar mencapai 100 relwan. Kami berharap para relawan akan tercover & terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan melalui kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Pluit.

Selain jaminan sosial, LPBI NU DKI juga tengah menyiapkan standar jaminan keamanan relawan, untuk mengurangi risiko bahaya. “Kita sedang menyiapkan standar alat pelindung diri dan manajemen kebencanaan yang mesti kita lakukan terhadap para relawan kita sehingga semangatnya tetap ada dan management safety juga dikedepankan. Ini menjadi PR,” kata Wahib.

Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Untuk Relawan LPBI NU DKI Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>