image_pdfimage_print

LPBINU PasuruanProgram penanaman Pepaya California LPBI NU Rembang, Pasuruan dilaksanakan pada hari ini, Minggu, 5 Juli 2020 di Desa Rombo Wetan Kecamatan Rembang Pasuruan.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi organisasi di internal NU. Pada acara seremonial, kegiatan Penanaman Pepaya California ini dihadiri kurang lebih 200 sampai 230 peserta.

Turut hadir pada kegiatan ini, Gus Saiful Amin selaku ketua LPBI NU Jawa Timur; Gus Sulthon Arifin, Pembina LPBI LPBI NU Kecamatan Rembang; Ketua DPRD Kabupaten pasuruan, H. Sudiono Fauzan, Ketua Tanfidiyah PC NU bangil, H. Sobri Sutroyono, Camat Kecamatan Rembang (Drs. Iyo Ashari), Ketua PC LPBI Kabupaten Lumajang, Gus Ridwan.

Kegiatan ini juga dihadiri Rois Surriyah MWC NU Rembang, Pembina LPBI NU Bangil, KH. Ahmad Rifai, Ketua-ketua Lembaga PC NU bangil, Kapolsek Rembang, Perwakilan Banom dan lembaga ranting (GP Ansor dan Bansernya, Muslimat, Fatayat, IPNU, IPPNU, ISHARI, Rijalul Ansor, LPP NU, Pengurus Ranting NU Rombo Wetan), dan Relawan LPBI Kecamatan Rembang, Bangil, dan Pandaan.

Dalam keterangannya Bahroni S.Pdi, Ketua LPBI NU Rembang menuturkan, bahwa latar belakang diadakan kegiatan penanaman pepaya California ini diharapkan mampu meningkatkan ekonomi organisasi, umumnya kepada MWC NU Rembang, khususnya kepada Pengurus Ranting NU Rombo Wetan beserta Banomnya.

Program ini diharapkan juga bisa memandirikan organisasi di NU dan Banomnya, utamanya di Pengurus Ranting NU Desa Rombo Wetan beserta Banomnya, ujarnya.

Pepaya California menjadi pilihan  karena teman-teman Ansor di Ranting Rombo Wetan telah membuktikan dan berhasil.

Penanaman pepaya california itu, juga mengacu pada hasil studi banding dengan LPBI NU Lumajang. “Meski struktur tanahnya agak sedikit berbeda dengan Lumajang, Gus Bachroni percaya kalau program penanaman pepaya california di Desa Rombo Wetan ini juga akan menuai kesuksesan.

Saiful Amin, Ketua LPBI PWNU Jawa Timur yang juga hadir pada acara seremonial penanaman pepaya california tersebut berharap, di Kecamatan Rembang nanti akan menjadi pilot project NU di Jawa Timur. Mengingat, setelah dampak pandemi corona ini, ekonomi lesu, ia berharap program tanaman pangan itu akan menjadi langkah alternatif bagi masyarakat untuk membangkitkan ekonomi.

Gus Bachroni menambahkan, bahwa program penanaman tanaman pangan rencananya akan bertahap. Setelah sukses menanam pepaya california, selanjutnya nanti berturut-turut akan menanam semangka, melon dan labu kuning.p

“Kedepan, Muslimat NU ada program penanaman labu madu. Adapaun lembaga ISHARI Kecamatan Rembang sudah menanam aneka tanaman pisang. Pisang candi, pisang agung, dan pisang berlian,” jelasnya.

Supaya program berjalan sesuai harapan, LPBI NU Rembang menerapkan program bagi hasil kepada petani. Yaitu 70% untuk petani penggarap dan 30% diberikan untuk NU dan Banomnya.

“Jadi bibit ini nanti diberikan kepada petani yang sudah berpengalaman dibidang pepaya. Ada 2500 bibit yang sudah siap ditanam. Sistemnya ya bagi hasil tadi. Diharapkan, dari penanaman ini NU bisa mandiri secara pendanaan,” terang Gus Bachroni .

Harapkan Kemandirian Ekonomi Organisasi, LPBI NU Rembang, Pasuruan Tanam Pepaya California

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>