image_pdfimage_print

LPBINU-lumajangPanjangnya musim kemarau mengakibatkan kekeringan melanda di beberapa wilayah di Kabupaten Lumajang. Warga banyak yang kesulitan mendapatkan akses air bersih.

Keadaan ini membuat Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama melalui Lembaga dibawahnya yakni Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) dan Lembaga Zakat Infak dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (Lazisnu) menyalurkan bantuan air bersih di dua titik terdampak kekeringan di kecamatan Gucialit, Senin, 14 Oktober 2019.

M Rizki salah satu pengurus LPBI NU Lumajang mengatakan kegiatan ini selain dengan Lazisnu juga bekerja sama dengan BPBD Lumajang.

“Kami bekerja sama dengan BPDB Lumajang dalam menyalurkan Shodaqoh air Besih ini. Karena BPBD yang lebih tau titik mana yang betul-betul sangat membutuhkan bantuan,” ungkap Rizki.

Menurut Rizki, BPDB Lumajang melalui Bapak Saifudin selaku bagian operasional penyaluran air bersih, menyarankan agar Shodaqoh Air Bersih ini di salurkan di Kecamatan Gucialit.

“Alhamdulillah, siang ini kami bisa salurkan di Kecamatan Gucialit, di dua titik, yakni di RT 15 RW 08 Dusun Karangsejati desa Dadapan dan satu titik lagi di desa Wonokerto,” jelas Rizki.

Ibu Tiya yang juga pengurus LPBI NU Lumajang mengatakan bahwa ini adalah salah satu bantuan Giat Shodaqoh Air Bersih Warga NU Lumajang yang dihimpun oleh Lazisnu dan disalurkan melalui LPBI NU bersinergi dengan BPBD Lumajang.

“Dengan bersinergi dengan BPDB Lumajang, bantuan shodaqoh dari Warga NU Lumajang melalui Lazisnu lebih tepat sasaran, diterima oleh warga yang betul-betul membutuhkan,” kata Tiya.

Tiya berharap agar Warga Nahdliyin Khususnya dan Warga Lumajang pada umumnya bisa meringankan beban sesama melalui Lazisnu Lumajang.

Sementara itu, Ira, Sekretaris NU Care Lazisnu Lumajang menjelaskan jumlah air bersih yang dikirimkan hari ini adalah 2 mobil tangki air.

“Alhamdulillah, kami bisa menyalurkan 2 mobil tangki air di kecamatan Gucialit ini dengan masing-masing menampung 5500 liter, totalnya 11000 liter”, beber Ira.

Hadapi Bencana Kekeringan, PC NU Lumajang Kirim Air Bersih Ke Dua Titik Terdampak

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>