image_pdfimage_print

BANK sampah yang satu ini berlokasi persis di Gedung Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) Jakarta Pusat. Berbeda dengan bank sampah lainnya yang beroperasi setiap hari, BSN di bawah naungan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU mengumpulkan sampah sepekan sekali, yakni selepas salat Jumat.

BSN yang telah berdiri sejak 2016 ini menerima sampah dari perkantoran sekitar. Tak luput juga sampah dari lingkungan kantor PBNU.

Jenis sampah yang dikumpulkan ialah sampah kering, di antaranya kertas/koran, plastik, botol plastik, alumunium, hingga besi. Dalam satu bulan, BSN rata-rata menerima 330-340 kg sampah. Dalam setahun sekitar 3-4 ton sampah dikumpulkan.

Uniknya, BSN LPBI NU tidak hanya melakukan transaksi jual-beli sampah. BSN juga melakukan daur ulang sampah menjadi karya seni dan kerajinan.

Produk seni yang dibuat dari sampah antara lain lukisan abstrak, lukisan sketsa wajah, miniatur transportasi, dan grafika koran bekas.

BSN LPBI NU Mengubah Sampah Jadi Karya Seni dan Produk Fungsional

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>