image_pdfimage_print

LPBINU MalangSebagai upaya pencegahan dan antisipasi terhadap bencana hidrometeorologi, LPBI (Lembaga Penanganan Bencana Nahdatul Ulama) Kabupaten Malang menjalankan gerakan adopsi pohon.

“Kami menjalankan program Adopsi Pohon untuk pencegahan dan antisipasi bencana hidrometeorologi di Kabupaten Malang,” kata Sekretaris LPBI NU Kabupaten Malang Ahmad Syaiful Kurniawan, S.IP kepada media, Senin (13/1/2020).

Seperti diketahui, saat ini kerapkali terjadi bencana hidrometeorologi berupa tanah longsor dan banjir di Kabupaten Malang.

Sejalan dengan fenomena tersebut, dalam Musyawarah Kerja PC NU Kabupaten Malang yang Ke-3, forum memutuskan untuk menjalankan program adopsi pohon.

Program ini dijalankan sinergis antara PC NU, LPBI NU dan Banom NU Kabupaten Malang.

“Untuk Kegiatan Baksos ini (Adopsi Pohon) dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 16 Januari 2020 di Desa Srigonco Kecamatan Bantur,” tutur Syaiful.

Dijelaskannya, setiap musim penghujan, di daerah Malang Selatan selalu mengalami bencana banjir karena kurangnya resapan air dan banyak lahan – lahan kosong yang disfungsi.

Dipaparkannya, guna memaksimalkan hasil maka dilakukan sinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, Perhutani, Pemerintah Desa Srigonco, MWC NU Bantur dan masyarakat pegiat lingkungan lainnya.

Syaiful menuturkan, giat sekunder lainnya adalah pengobatan gratis, bedah rumah, dan penyerahan bantuan sosial (bansos).

“Saya berharap dengan kegiatan ini, kita semua bisa sadar bahwa betapa pentingnya menjaga lingkungan dan ekosistem yang ada. Bisa dimulai dari hal yang kecil dan sederhana, contoh membuka ruang hijau di teras rumah atau lahan kosong di sekitar rumah kita, dan menanam pohon yang bisa menampung resapan air saat musim penghujan,” pungkas Syaiful.

Sumber: https://bacamalang.com

Antisipasi Bencana Hidrometeorologi, LPBI NU Jalankan Gerakan Adopsi Pohon

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>