image_pdfimage_print

penghargaan LPBINU2Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) mendapat penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai organisasi kemasyarakatan yang selalu berpartisipasi aktif dalam penanggulangan bencana di tahun 2019.

Penghargaan diberikan oleh Kepala BNPB Letjen Doni Monardo kepada Ketua LPBI NU, M Ali Yusuf dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana 2020 di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2). Menurut Ali, penghargaan tersebut diperoleh karena kerja aktif seluruh pengurus LPBI NU mulai dari tingkat pusat hingga daerah.

“Sesungguhnya penghargaan tersebut adalah penghargaan terhadap relawan LPBI NU di seluruh daerah di Indonesia yang tak pernah kenal lelah melakukan dan terlibat aktif dalam setiap aktivitas kemanusiaan,” paparnya.

Penghargaan tersebut menurut Ali di samping sebagai bentuk apresiasi atas kinerja LPBI NU juga menjadi pelecut bagi LPBI NU untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya dalam setiap aktivitas kemanusiaan selanjutnya. Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) adalah lembaga yang secara struktural-organisatoris merupakan pelaksana kebijakan dan program NU di bidang penanggulangan bencana, perubahan iklim, dan pelestarian lingkungan.

Pembentukan LPBI NU disepakati pada Muktamar NU ke-32 di Makassar tahun 2010. Semangat ini kemudian dikukuhkan dan ditetapkan dalam rapat pleno harian PBNU untuk membentuk LPBI NU. Setelah Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama di Jombang tahun 2015 dibentuk kepengurusan baru PP. LPBI NU berdasarkan SK No. 19/A.II.04/09/2015. LPBI NU memiliki visi terwujudnya masyarakat yang memiliki ketahanan dan adaptif terhadap bencana, menurunnya daya dukung lingkungan dan perubahan iklim.

LPBI NU terlibat dalam aksi penanganan bencana di sejumlah daerah seperti Banten, Palu, Bogor, Banten, Jakarta. Selain LPBI NU, beberapa organisasi kemasyarakatan dan lembaga sosial non pemerintah mendapatkan penghargaan serupa dari BNPB dalam acara Rakornas BNPB yang dilaksanakan pada 3-4 Februari 2020. Acara Rakornas Penanggulangan Bencana yang bertajuk Penanggulangan Bencana Urusan Bersama tersebut, dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Jokowi meminta seluruh instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah serius dalam upaya penanggulangan bencana.

Aktif dalam Penanggulangan Bencana, LPBI NU Raih Penghargaan BNPB

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>